Hari Raya Idul Adha 1334 H di Masjid Al- HIdayah

Pada  hari senin kemarin merupakan hari yang di sunahkan untuk berpuasa yaitu puasa Arrafah pada hari kesembilan dari dzulhijjah. Pada puasa ini sangat dianjurkan bagi umat muslim yang tidak pergi haji Didalam hadits yang mulia ini terdapat dalil dan hujjah yang sangat kuat tentang waktu puasa Arafah, yaitu pada hari Arafah ketika manusia wuquf di Arafah. Karena puasa Arafah ini terkait dengan waktu dan tempat. Bukan dengan waktu saja seperti umumnya puasa-puasa yang lain. Oleh karena puasa Arafah itu terkait dengan tempat, sedangkan Arafah hanya ada di satu tempat yaitu di Saudi Arabia di dekat kota Makkah bukan di Indonesia atau di negeri-negeri yang lainnya, maka waktu puasa Arafah adalah ketika kaum muslimin wuquf di Arafah.
di masjid ai-hidayah sebelum paginya di laksanakan sholat idul adha  pada malam harinya di kumandangan takbir yang hanya di hadiri beberapa orang saja yaitu terdiri dari bapak -bapak, para pemuda dan anak -anak kecil, tetapi beberapa anak malah bermain keluar tidak mengumandangkan takbir,masjid Al-hidayah mengumandangkan takbir semalam suntuk. meskipun tidak banyak yang mengumandangakn takbir tetapi lantunannya terdengar begitu indah.
pada pagi harinya di adakan sholat idul adha secara berjamah di masjid al-haidayah pada pukul 07.00 WIB  setelah sholat di lakukan penyembelihan hewan kurban yang terdiri dari 7 ekor kambing, dan dibagikan ke semua warga desa, setiap warga mendapatkan bagiahan yang lumayan banyak .
tetapi semua cerita ini hanya dapat saya ceritakan karna saya lagi berhalangan dan tidak bisa menjalankan puasa, takbir, maupun sholat idul adha. 


0 komentar:

Posting Komentar